15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Berlibur ke Jakarta merupakan sebuah pilihan tempat disaat waktu liburan. Presepsi orang mungkin Jakarta merupakan kota yang panas, macet, banjir dan banyak sampah. Disisi lain Jakarta memiliki tempat wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Berikut daftar tempat wisata popluer yang berada di jakarta.

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Monumen Nasional atau sering disebut Monas merupakan tempat wisata yang ditujukan kepada wisatawan untuk mengetahui bagaimana sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan pemerintahan Hindia Belanda. Monas didirikan oleh presiden pertama Soekarno dengan desain penuh makna. Desain monas bermahkotakan lidah api yang dilapisi emas.

Terdapat bagian-bagian penting pada bangunan monas. Dibagian dasar terdapat museum sejarah nasional seluas 6400 meter persegi yang dapat menampung hingga 500 pengunjung. Terdapat lift yang akan membawa pengunjung ke puncak monas setinggi 115 meter. Diketinggian ini anda dapat melihat panorama jakarta dengan jelas.

Untuk masuk ke tempat wisata ini pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 5 ribu per orang (dewasa), mahasiswa 3 ribu, dan anak-anak 2 ribu. Untuk menggunakan lift ke puncak Monas, Anda dapat membayar tiket lift sebesar 10 ribu per orang (dewasa) atau mahasiswa Rp 5 ribu. Cukup terjangkau bukan?

2. Taman Impian Jaya Ancol
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Wisata selanjutnya adalah Taman Impian Jaya Ancol atau Ancol Dreamland. Ancol menjadi salah satu satu destinasi wisata di jakarta yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Suasana ramai dengan nuansa harmoni cocok jika datang besama keluarga atau sahabat.

Taman Impian Jaya Ancol berlokasi strategis. Lokasinya ada di wilayah utara, jika anda berangkat dari pusat kota (monas), maka hanya sejauh 7 kilometer saja. Banyak wahana yang dapat anda jumpai disini seperti Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi, atau Sea World yang disukai kaum muda dan anak-anak. Untuk masuk ke Ancol Dreamland dikenakan baiya 25 ribu serta tarif masuk kendaraan Rp 20 ribu (mobil) atau motor Rp 15 ribu.

3. Dunia Fantasi (Dufan)
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Dufan merupakan salah satu objek wisata populer di jakarta. Dufan termasuk bagian dari Taman Impian Jaya Ancol. Memiliki area seluas 9 hektar dan berbagai wahana manarik seperti Hysteria, Tornado, Halilintar dan masih banyak lagi. Baca 10 Wahana Terfavorit Yang Harus Kalian Coba di Dufan Ancol

4. Kebun Binatang Ragunan
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Tempat wisata Ragunan berdiri sejak tahun 1864 yang pada awalnya dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia. Kebun Binatang Ragunan memiliki luas 147 hektar dan memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa. Kebun binatang Jakarta yang populer ini juga ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon, membuat suasananya menjadi begitu sejuk dan nyaman.

Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi anak-anak karena disana anak-anak dapat belajar secara langsung tentang satwa dan tumbuhan. Secara tidak langsung, akan memberikan dampak positif tentang tumbuh kembang anak untuk bisa bersahabat dengan lingkungan alam.

Untuk masuk ke objek wisata Ragunan, pengunjung dikenakan tarif biaya 4 ribu (dewasa) per orang dan anak-anak 3 ribu. Anda dapat mengajak putera-puteri untuk menaiki wahana dan satwa, seperti kuda tunggang, onta tunggang, kereta keliling, sepeda ganda, hingga menonton pentas satwa. Tetapi tentu saja, masing-masing wahana dan satwa tunggangan tersebut dikenai biaya. Tetap saja harga yang dikenakan ramah dikantong bagi pengunjungnya.

5. TMII (Taman Mini Indonesia Indah)
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

TMII merupaka objek wisata dengan tema budaya Indonesia yang berlokasi di Jakarta Timur. Pengunjung disuguhkan bermacam2 kebudayaan Indonesia yang meliputi berbagai aspek kehidupan  sehari-hari masyarakat di provinsi Indonesia yang disajikan dengan nuansa tradisional.

TMII bisanya menjadi destinasi utama bagi pengunjung luar Jakarta yang ingin berwisata di Jakarta. Sehingg tidak heran ribuan pengunkung memadati objek wisata ini. TMII juga menyediakan banyak wahana menarik yang patut dicoba bagi para pengunjungnya seperti Teater Keong Mas, Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, tak ketinggalan pula Taman Ria Atmaja, Kereta gantung, serta puluhan wahana lain yang menarik. Disamping wahana, TMII juga menawarkan wisata bernuansa edukasi yang cocok untuk kemajuan pendidikan anak.

6. Kepulauan Seribu 
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Kepulauan Seribu merupakan objek wisata yang terdiri dari beberapa pulau kecil yang dikelilingi pantai nan indah. Cakupan Kepulauan Seribu terdiri dari Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan puluhan pulau lain. Sebagian besar di antaranya menawarkan suasana santai jika dikunjungi bersama keluarga.

Di objek wisata ini anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti diving, snorkeling, atau sekedar berjalan-jalan menikmati sunset di kala senja. Ketersediaan sarana akomodasi yang baik di Kepulauan Seribu memudahkan pengunjung yang ingin lebih lama menkimati pengalaman wisatanya.

7. Kidzania
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Kidzania merupakan objek wisata dengan konsep edutainmen yang cocok sekali ditujukan bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Kidzania didirikan secara spesifik seperti replika sebuah kota yang sebenarnya, disesuaikan dalam ukuran anak-anak komplit dengan bangunan, jalan raya, ritel dan juga beragam kendaraan yang berlalu lalang di seluruh kota.

Orangtua tidak diperkenankan ikut dalam kegiatan wisata anak selama berlangsung, tetapi orangtua didorong untuk menjadi penonton di Teater dan Stasiun TV. Selain itu, tersedia juga Parents Lounge, yakni tempat untuk orang dewasa bersantai selama anak-anak bermain.

Tiket masuk Kidzania Jakarta disesuaikan dengan rentang usia anak, kisaran harga mulai dari 50 ribu hingga 250 ribu per anak. Sementara untuk orang dewasa, harga tiket masuk mulai dari 100 ribu hingga 200 ribu per orang.

8. Sea World Ancol
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Nuansa alam bawah air akan disuguhkan di objek wisata Sea World Ancol. Pengunjung dapat melihat 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis), dan 1 mamalia.

Destinasi wisata Jakarta yang satu ini terbilang ramai dikunjungi wisatawan mengingat manfaatnya yang menghibur serta fungsi edukatifnya yang besar. Tiket wahana Sea World Ancol ini adalah sebesar 80 ribu untuk hari Senin - Jum’at atau 90 ribu untuk Sabtu/Minggu/hari libur.

9. Pulau Tidung
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Selain Kepulauan seribu, Jakarta juga memiliki pulau tidung. Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikujungi karena pengunjung akan disuguhkan keindahan luar biasa yang membuat wisatawan ingin berlama-lama singgah di pulau ini. Suasana yang tenang dan nyaman tentunya lebih lengkap jika anda datang bersama teman, kerabat dan keluarga untuk bersantai sejenak.

Objek wisata Pulau Tidung juga menawarkan berbagai wahana air yang menarik untuk di coba contohnya Jet Sky, Water Sport, Olahraga Kano, Banana Boat, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang hobi mengunjungi tempat wisata air di Jakarta, Pulau Tidung adalah satu destinasi favorit untuk liburan keluarga.

10. Kota Tua Jakarta
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Kota Tua merupakan salah satu tempat wisata terfavorit di jakarta. Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Kota Jakarta memberikan wisata penuh sejarah dan memberikan banyak pengetahuan tentang peninggalan masa lampau. Bagi anda yang memiliki hobi mefoto, lokasi ini sangat cocok dijadikan background.

Terdapat sejumlah kawasan dalam kota tua seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah. Tidak hanya tempat-tempat historis, Anda juga dapat menikmati pengalaman kuliner di Kota Tua Jakarta dengan singgah di Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, serta aneka jajanan seperti gado-gado, soto, hingga kerak telor khas Jakarta.

11. Grand Indonesia Mall
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Grand Indonesia Mall merupakan salah satu mall terbesar dan paling populer di Jakarta. Tidak hanya menawarkan pengalaman wisata belanja, tetapi juga pengalaman kuliner yang memanjakan lidah. Objek wisata ini juga sangat pas dijadikan tempat untuk nongkrong.

Grand Indonesia Mall juga menyediakan area parkir yang luas sehingga pengunjung lebih leluasa membawa jenis kendaraan transportasi apapun. Dalam mall, anda dapat menemukan toko salon, bioskop, makanan, fashion dan masih banyak lagi.

Mall ini akan semakin ramai ketika waktu hari minggu dan hari besar tiba. Sebagian besar pengunjung merasa tidak bosan untuk datang kembali mengunjungi mall Jakarta yang satu ini.

12. Masjid Istiqlal
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Jakarta tidak mendatangi Masjid Istiqlal. Inilah masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan balutan arsitektur Indonesia, Timur Tengah dan Eropa. Arsitektur modern terhias pada masjid ini seperti dinding dengan ornamen geometrik dari baja antikarat dan lantai yang berlapis marmer. Masjid ini mampu menampung lebih dari 200 ribu jamaah.

Perlu anda ketahui juga bahwa lokasi Masjid Istiqlal berdekatan dengan gereja bernama Geraja Katedral Jakart. Hal ini melambangkan semangat persaudaraan, persatuan dan toleransi antar umt beragama.

13. Taman Suropati
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Sebuah taman megah dari kota Jakarta. Taman Suropati memiliki penataan taman yang rapi dan bersih. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini adalah salah satu tujuan favorit banyak warga ibukota untuk melepas lelah atau sekedar bersantai dengan keluarga dan para sahabat. Banyak pohon menjulang tinggi nan rindang menambah kesejukan dan mengobati stress di pikiran.

Meski memiliki luas yang tidak terlalu besar, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini juga pas digunakan untuk nongkrong, berolahraga dan gathering antar komunitas. Soal makanan, jangan khawatir sebab ada banyak penjual makanan dan minuman di sekeliling taman ini.

14. Museum Nasional
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Museum ini menyimpan sedikitnya 141.899 benda yang terhimpun dalam 7 jenis koleksi, yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi, dan geografi.

Museum Nasional dibuka setiap hari Selasa-Minggu, dari jam 8 pagi hingga 4 sore, saat weekend tutup hingga jam 5 sore. Anda dapat mengunjungi objek wisata Jakarta yang satu ini dengan membayar tiket masuk Museum Nasional sebesar Rp5000 (dewasa) per orang atau Rp2000 (anak-anak). Jika Anda dalam rombongan dengan minimum 20 orang, maka tiket masuk per orang dewasa adalah sebesar 3 ribu dan anak-anak (TK- SMA) Rp1000. Turis asing dikenai biaya tiket masuk sebesar 10 ribu per orang.

15. Tanah Abang
15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Jakarta tidak membawa oleh-oleh. Tanah Abang terkenal dengan barang-barangnya murah dengan kualitas nomer satu. Anda dapat mengunjungi Pasar Tanah Abang dari subuh, sudah ada sejumlah toko yang buka di pasar ini dan akan tutup saat magrib tiba. Pasar Tanah Abang selalu ramai dikunjungi apalagi jika hari minggu dan besar.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner