Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian yang sekaligus menjadi ibu kota negara Indonesia. Tingkat perpindahan penduduk dari desa menuju ke kota sangatlah tinggi sehingga membuat kota Jakarta menjadi kota dengan penduduk paling banyak di Indonesia. Di kota metropolitan ini, siklus perputaran kehidupan sangatlah cepat dan dinamis. Rutinitas kerja yang sibuk membuat banyak orang Jakarta terjebak ke dalam rutinitas yang gampang memicu stress. Nah, disaat seperti ini, Anda perlu tempat wisata anak terfavorit di Jakarta yang akan menyajikan hiburan tersendiri. Dengan segala hiruk pikuknya, ternyata Jakarta juga memiliki sudut keindahannya sendiri yang dimanfaatkan sebagai media penghalau stress.

Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta

Jakarta identik dengan gedung pencakar langit yang sangat istimewa. Konotasi negatif yang kerap melekat pada kota metropolitan ini adalah kota yang semrawut, langganan banjir, macet, dan berbagai masalah kota lainnya yang kerap terjadi di Jakarta. Namun, di samping berbagai konotasi yang melekat di tubuhnya, Jakarta ternyata memiliki tempat wisata menarik yang harus dikunjungi ketika liburan datang. Tempat wisata anak terfavorit di Jakarta yang wajib dikunjungi keluarga Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Monumen Tugu Nasional (Monas)
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Monas merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Jakarta. Menara dengan puncak lidah api bertahtakan emas ini menjadi ikon kota Jakarta. Monumen ini dibangun untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Hindia-Belanda. Monas dibangun pada masa pemerintahan presiden Soekarno yang diarsitekturi oleh Friedrich Silaban dan R.M Soedarsono  dengan tinggi 132 m. Tempat wisata ini sangat baik untuk anak karena selain taman yang luas, di dalam tugu juga terdapat museum Sejarah Nasional Indonesia yang akan memberikan sedikit pengetahuan baru mengenai perjuangan Indonesia melawan penjajah. Monas dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore. Tiket masuk untuk orang dewasa adalah Rp 5.000, mahasiswa Rp 3.000, dan anak-anak Rp 2.000.

2. Taman Mini Indonesia Indah
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Siapa yang tidak kenal dengan Taman Mini Indonesia Indah? Taman Mini Indonesia Indah atau yang sering disingkat TMII merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat terkenal di Jakarta. Objek wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai Tempat wisata anak terfavorit di Jakarta karena memiliki banyak ruang bermain dan belajar. Ada banyak sekali wahana menarik yang ditawarkan di TMII ini, mulai dari Kolam Renang Snow Bay, Kereta Gantung, Taman Among Puro, Taman Ria Atmajaya, serta puluhan wahana permainan lain yang memiliki nilai edukasi yang tinggi. Mengajak buah hati mengunjungi taman ini berarti mengenalkan kepada anak tentang Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya.

3. Kebun Binatang Ragunan
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Kebun wisata ragunan diresmikan sejak 1864 yang awalnya dikelola oleh komunitas pecinta flora dan fauna Batavia. Kebun Binatang ini memiliki luas 147 hektar dengan jumlah hewan lebih dari 2.000 ekor. Kebun binatang yang berada di pinggiran kota Jakarta ini juga terkenal pohonnya yang sangat rindang dengan jumlah sekitar 50.000 pohon. Objek wisata ini sangat diminati warga Jakarta dan sekitarnya karena dapat memberikan edukasi kepada buah hati berkaitan dengan jenis binatang dan tumbuhan. Di tempat ini, orang tua juga bisa mengajarkan rasa saling menyayangi kepada sesama mahluk hidup. Kebun binatang Ragunan ini termasuk ke dalam Tempat wisata anak terfavorit di Jakarta.

4. Kidzania Jakarta
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Objek wisata ini juga termasuk ke dalam Tempat wisata anak terfavorit di Jakarta. Tempat wisata indoor ini memiliki konsep hampir mirip replika kota yang di dalamnya terdapat jalan raya, gedung teater, rumah sakit, supermarket, salon dan kendaraan yang lalu-lalang. Anak-anak bisa belajar banyak dari replika kota yang hampir mirip dengan aslinya ini. Di tempat ini, orang tua tidak diperkenankan ikut serta dalam kegiatan wisata. Tiket masuk ke tempat wisata ini disesuaikan dengan rentang usia sang buah hati, yaitu antara Rp 50.000 hingga Rp 250.000.

5. Museum Nasional
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Berkunjung ke museum merupakan aktivitas liburan yang seharusnya dimiliki oleh anak kecil. Di museum, anak akan belajar banyak mengenai sejarah nasional bangsa atau hal di masa lampau yang lainnya. Museum Nasional Tempat wisata anak terfavorit di Jakarta yang sarat akan pengetahuan sejarah. Di tempat ini, Anda dan buah hati akan diperkenalkan kepada 141.899 benda sejarah yang masuk dalam kategori prasejarah, keramik, arkeologi, numimstik-heraldik, etnografi, sejarah dan geografi. Museum ini selalu dibuka pada Selasa – Minggu mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

6. Sea World Ancol
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Untuk tempat wisata yang satu ini, tentu buah hati Anda pasti akan suka. Kawasan Ancol Dreamleand menyedikan tempat wisata Sea World Ancol yang menawarkan pengetahuan akan kehidupan biota laut. Tempat wisata anak terfavorit di Jakarta ini memiliki koleksi biota perairan tawar sekitar 22.000 ekor ikan, 28 repsti. Lalu, koleksi biota perairan laut sebesar 5180 ekor ikan, 79 avertebrata, 30 reptil dan 1 jenis mamalia.

7. Museum Wayang
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Museum Wayang ini terletak di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27 yang akan memberikan pengetahuan tentang salah satu seni budaya Indonesia yang bernama Wayang. Anak-anak bisa mengenal wayang dari berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya itu, anak juga bisa mengenali wayang atau boneka yang berasal dari negara lain seperti Eropa hingga Kolombia. Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB dari hari Selasa hingga Minggu.

8. Planetarium
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Meskipun planetarium ini tergolong sebagai tempat wisata anak terfavorit di Jakarta yang cukup jadul, tempat ini mampu memberikan pengalaman yang luar biasa mengenai alam semesta dan segala isinya. Planetarium memiliki pertunjukan utama teater bintang yang mengenalkan kepada anak-anak mengenai planet dan juga bintang-bintang di alam semesta. Taman wisata ini terletak di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Nomor 73.

9. Galeri Indonesia Kaya
Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Tempat wisata anak terfavorit di Jakarta ini terletak di Jalan Mh. Thamrin Nomor 1 yang buka setiap hari pukul 10.00 WIB sampai 22.000 WIB. Galeri seni ini sangat cocok Anda dan buah hati tercita. Di Galeri Indonesia Kaya ini, pengunjung dapat belajar tentang Indonesia yang kaya akan seni dan budaya. Proses belajar akan semakin menarik karena didukung dengan pertunjukkan multimedia yang membuat pengunjung menikmati setiap pengetahuan yang diberikan. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung tidak dibebani tiket masuk apa pun (gratis). Namun, Anda perlu reservasi dulu ke pihak pengelola.

Demikian adalah sejumlah tempat wisata anak terfavorit di Jakarta yang bisa disampaikan untuk Anda. Saat musim liburan datang, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk membawa buah hati tercinta berlibur sambil belajar karena di Jakarta pun terdapat banyak wahana edukasi untuk anak. Berwisata di dalam kota tentu lebih menghemat waktu dan anggaran. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga tercinta.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner