Tips Berwisata di Jakarta Saat Liburan dengan Budget yang Tipis

Jakarta adalah Ibu kota Indonesia yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat ekonomi. Selama ini, Jakarta dikenal sebagai pusat kota dengan jutaan penduduknya yang identik dengan panas, macet, banjir dan kumuh. Akan tetapi, seseorang tidak boleh memandang sesuatu hanya dari sisi negatifnya saja. Jakarta selain terkenal sebagai kota yang paling macet di Indonesia, ternyata juga memiliki pesona keindahan kota yang tidak akan pernah ditemui di kota lain. Untuk itu, Anda membutuhkan tips berwisata di Jakarta saat liburan agar liburan menjadi lebih menyenangkan. Saat liburan panjang, kota ini akan sedikit lengang dari biasanya. Manfaatkan waktu ini untuk liburan yang menyenangkan dengan budget yang tidak terlalu banyak.

Meskipun identik dengan gaya hidup metropolitan yang sedikit mewah dan hedon, Anda tetap bisa mensiasati liburan murah di Jakarta. Berikut ini adalah tips berwisata di Jakarta saat liburan dengan anggaran yang murah.

1. Memilih angkutan umum bersubsidi
Tips Berwisata di Jakarta Saat Liburan dengan Budget yang Tipis

Untuk menyiasati biaya perjalanan wisata di ibu kota sebaiknya gunakan angkutan umum yang bersubsidi. Selain memiliki harga yang murah, akses ke tempat wisata juga sangat mudah dengan waktu yang lebih cepat. Di Jakarta, ada dua angkutan umum bersubsidi yang nyaman dan aman, yaitu TransJakarta dan Commuter Line. Biaya untuk naik bus trans ini sangat murah ke segala tujuan baik jauh maupun dekat. Selain itu, bus trans ini juga memiliki jalur sendiri sehingga bebas dari kemacetan. Jika Anda benar-benar ingin angkutan yang terbebas dari kemacetan Jakarta, Anda bisa memilih Commuter Line untuk perjalanan dalam kota.

2. Memilih objek wisata gratis
Tips Berwisata di Jakarta Saat Liburan dengan Budget yang Tipis

Kota Jakarta sebenarnya memiliki banyak objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Karena banyaknya pilihan tempat wisata, pengunjung bisa memilih objek wisata yang gratis maupun yang berbayar. Akan tetapi, entah apa yang terjadi dengan warga Jakarta, mereka malah suka menghabiskan liburan di luar kota yang boros biaya. Tips berwisata di Jakarta saat liburan adalah dengan memilih objek wisata gratis atau setidaknya yang memiliki biaya murah. Objek wisata murah di ibu kota diantaranya adalah Monumen Nasional, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Pantai Ancol, Ragunan dan lain sebagainya.

3. Makan di kaki lima
Tips Berwisata di Jakarta Saat Liburan dengan Budget yang Tipis

Di Jakarta tersedia banyak wisata kuliner mulai dari yang sekelas restoran mewah hingga kelas kaki lima. Untuk tips berwisata di Jakarta saat liburan dengan anggaran yang murah, pilihan terakhir inilah yang harus dipilih, yaitu makan di kaki lima. Makanan kaki lima tidak selalu identik dengan murahan dan rasa yang tidak enak. Deretan pedagang kaki lima di daerah Pacenongan menawarkan kuliner yang sangat lengkap dengan rasa yang lezat. Kawasan lain yang terkenal dengan pedagang kaki limanya adalah kawasan Menteng, Kebayoran Baru, dan Kawasan Benhil.

4. Membawa bekal air minum dan makanan ringan
Tips Berwisata di Jakarta Saat Liburan dengan Budget yang Tipis

Salah satu tips berwisata di Jakarta saat liburan dengan dana seadanya adalah dengan membawa bekal air minum dan makanan ringan. Dua bekal ini wajib dipersiapkan sebelum berangkan traveling karena jika membeli air mineral dan makanan ringan di tempat wisata, harganya pasti lebih mahal dari biasanya.

5. Beli voucher hotel lebih awal
Tips Berwisata di Jakarta Saat Liburan dengan Budget yang Tipis

Lalu, untuk kebutuhan menginap, ini memang harus direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Jika Anda memiliki saudara di Jakarta, Anda mungkin bisa numpang singgah sebentar, tetapi bila Anda adalah petualang sejati, pilihlah hotel yang murah. Untuk mendapatkan hotel yang murah, Anda harus merencanakannya sebelum berangkat berlibur. Beberapa hotel di Jakarta sering memberikan vocher hotel dengan harga yang lebih miring untuk pengunjung yang booking jauh-jauh hari. Manfaatkanlah hal-hal semacam ini untuk liburan yang murah.

6. Cari hotel dekat objek wisata
Tips Berwisata di Jakarta Saat Liburan dengan Budget yang Tipis

Selain memilih hotel yang murah, salah satu yang harus dipertimbangkan adalah aksesnya menuju ke objek wisata. Sebaiknya, carilah hotel yang dekat tempat wisata supaya lebih menghemat anggaran transportasi.

Tips Berwisata di Jakarta Saat Liburan dengan Memilih Tempat Wisata Murah

Seperti yang telah dijelaskan tadi, Jakarta sebenarnya kota yang cukup indah dengan banyaknya objek wisata yang bisa dikunjungi ketika rasa bosan mulai menerpa. Tips berwisata di Jakarta saat liburan adalah memilih tempat wisata dengan harga yang murah seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Monas
Tips berwisata di Jakarta saat liburan adalah dengan memilih tempat wisata murah, salah satunya Monas. Monas atau Monumen Nasional adalah ikon kota Jakarta yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Jakarta. Monas memiliki daya tarik tersendiri karena bentuk bangunannya yang unik dengan taman yang amat sangat luas. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini seperti mengunjungi museum, bersepeda, main layang-layang, dan lain sebagainya. Biaya masuk ke Monas juga sangat murah.

2. Kota Tua
Jakarta juga memiliki kota tua dengan bangunan tradisionalnya. Objek wisata Kota Tua ini sangat ramai ketika akhir pekan. Pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati suasana klasik kota Jakarta dan berfoto ria dengan latar belakang museum dan rumah bergaya klasik. Kota Tua ini juga kerap dijadikan lokasi foto prewedding. Tips berwisata di Jakarta saat liburan adalah dengan datang ke lokasi wisata murah ini.

3. Kepulauan Seribu
Jakarta memang memiliki pilihan wisata yang lengkap, mulai dari taman bermain, museum, mall, hingga pantai yang indah. Kepulauan Seribu adalah salah satu lokasi wisata yang terletak di Jakarta. Tempat ini memiliki pesona keindahan laut yang luar biasa dengan pemandangan laut yang tak kalah indahnya. Pulau-pulau indah yang layak dikunjungi ketika berwisata di kepulauan seribu adalah Pulau Putri, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, dan banyak yang lainnya. Sayangnya, Tips berwisata di Jakarta saat liburan tidak menganjurkan pengunjung dengan anggaran minim untuk berlibur ke tempat ini. Hal ini dikarenakan untuk bisa mengunjungi pulau-pulau cantik di Kepulauan Seribu, dibutuhkan anggaran yang lebih mahal.

4. Taman Impian Jaya Ancol
Ancol juga merupakan objek wisata pantai yang cukup diminati warga Jakarta. Selain pemandangan pantai yang indah, daya tarik lain objek wisata ini adalah biayanya yang sangat murah. Ada banyak wahana bermain di tempat ini sehingga tempat ini cukup layak dijadikan lokasi wisata pilihan untuk berlibur bersama keluarga tercinta di rumah.

Baca juga 15 Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer dan Seru

Itulah beberapa uraian mengenai tips berwisata murah di Jakarta saat liburan. Meskipun terkenal dengan kota yang sebagian besar penduduknya hidup dengan mewah dan hedon, Jakarta tetap memiliki objek wisata dengan harga terjangkau seperti yang telah dijelaskan di atas. Daripada harus pergi ke luar kota, berwisata di dalam kota tentu lebih efektif dan praktis. Pergi ke luar kota membutuhkan anggaran yang besar. Selain itu, waktu juga banyak terbuang di jalanan. Belum lagi jika terkena macet, harapan berlibur yang menyenangkan pun harus terganggu. Demikian yang dapat disampaikan, semoga uraian tips berwisata di Jakarta saat liburan ini bisa menjadi referensi liburan yang menyenangkan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner