Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Jakarta adalah ibu kota Indonesia yang menjadi salah satu kota terbesar di negeri tercinta kita ini. Jakarta juga menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat ekonomi. Tidak heran jika kota ini menjadi kota paling ramai dan paling sibuk. Sebagai kota yang paling padat penduduk, Jakarta identik dengan macet, banjir dan juga kumuh. Namun, ada sisi lain yang menjadi pesona Jakarta, yaitu beberapa wisata alam di Jakarta terfavorit. Di samping padat dengan hiruk pikuk kota dengan modernisasinya, Jakarta masih memiliki sisi alami yang bisa menyejukkan jiwa.

Beberapa Wisata Alam di Jakarta Terfavorit Khususnya di Kepulauan Seribu

Untuk wisata alamnya, Jakarta memiliki Kepulauan Seribu yang masih asri dan alami. Selain pemandangan pantai yang indah, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang unik di beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Beberapa Pulau  paling Indah di Kepulauan Seribu adalah sebagai berikut.

1. Pulau Tidung
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Pulau Tidung merupakan pulau yang paling indah di antara gugusan pulau di Kepulauan Seribu. Pulau ini sudah dikenal oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Sisi pemandangan alam yang menakjubkan dapat dinikmati dari Jembatan Cinta Pulau Tidung, Pantai Timur, dan beberapa spot snorkeling. Jembatan Cinta sendiri merupakan pusat kegiatan wisata di pulau ini. Tidak ada turis yang melewatkan kesempatan berjalan di atas jembatan yang memiliki bentuk yang unik. Setelah puas menikmati keindahan pantai, pengunjung bisa menikmati spot snorkeling dengan pemandangan alam yang luar biasa. Di sisi timur pulau ini, terdapat pantai yang sangat indah dengan pemandangan senja yang sangat indah.

2. Pulau Pari
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Pulau Pari merupakan pulau yang memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Di tempat ini, wisatawan akan berkumpul di Pantai Perawan yang memiliki pemandangan alam yang unik dan masih belum terekspose. Banyak orang yang bilang bahwa pantai ini mirip sekali dengan pantai Kuta Bali. Pulau ini menjadi salah satu pulau terbaik di Kepulauan Seribu. Ada banyak fasilitas yang menunjang kegiatan berwisata di tempat ini. Pulau ini termasuk wisata alam di Jakarta terfavorit yang layak dikunjungi ketika liburan.

3. Wisata Pulau Harapan dan Pulau Pramuka
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Kedua pemandangan ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Dua pulau ini seperti pulau kembar yang memiliki luas wilayah yang sama. Karena luas pulau sangat kecil, pengunjung mungkin tidak bisa bersepeda seperti di Pulau Tidung maupun Pulau Pari. Dua pulau ini memiliki resort-resort yang eksklusif yang cocok untuk berbulan madu. Mencari wisata alam di Jakarta terfavorit? Pulau Harapan dan Pulau Pramuka bisa menjadi pilihan liburan yang menarik.

4. Pulau Semak Daun
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Bagi Anda yang suka dengan keindahan alam bawah laut, Pulau Semak Daun ini bisa menjadi salah satu pilihan. Suasana pulau ini sangat hening karena merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Selain pemandangan bawah laut, objek wisata lain di tempat ini adalah pantai yang masih asri dengan pasir putih dan pemandangan alam yang luar biasa. Untuk bersantai dari penatnya kesibukan kota, Pulau Semak Daun ini bisa dijadikan wisata alam di Jakarta terfavorit, khususnya di Kepulauan Seribu.

5. Pulau Bidadari
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini merupakan yang paling dekat dengan Jakarta, yaitu dengan jarak sekitar 18 Km dari pusat kota. Di pulau ini, pengunjung dapat menikmati siluet kota Jakarta yang tampak seperti miniature kota yang megah. Selain menyajikan pemandangan alam yang cantik, terdapat sebuah benteng pertahanan yang masih kokoh di pulau ini. Benteng ini seakan menjadi bukti bahwa Pulau Bidadari ini adalah salah satu pulau yang memiliki sejarah penting Indonesia.

Wisata Alam di Jakarta Terfavorit

Kepulauan Seribu memang masih berada di kawasan DKI Jakarta, tetapi letaknya mungkin terlalu jauh dari pusat kota. Ada beberapa tempat wisata alam di Jakarta terfavorit yang tidak terlalu jauh dari pusat kota berikut ini.

1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Di Jakarta Utara, khususnya kawasan Pantai Indah Kapuk, terdapat sebuah taman wisata alam yang diberi nama Angke Kapuk yang dipenuhi dengan pepohonan bakau. Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menikmati rindangnya pepohonan bakau dengan bersantai atau bersepeda. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di tempat ini adalah menyewa perahu.

2. Taman Suropati
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Taman Suropati sebelumnya memiliki nama Burgemeester Bisschopplein yang merupakan taman indah di kawasan Menteng. Taman ini berada tepat di pertemuan tiga jalan utama di Menteng, yaitu Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro), serta Nassau Boulevard (Jalan Imam Bonjol). Di taman ini, terdapat satu air mancur dan pepohonan serta bunga yang menampilkan keindahan alam yang terkesan alami. Taman ini bisa juga dijadikan wisata alam di Jakarta terfavorit di tengah kepadatan kota yang menjenuhkan.

3. Kandank Jurank Doank
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Wisata alam di Jakarta terfavorit yang juga cocok untuk anak-anak adalah Kandank Jurank Doank yang merupakan sekolah alam. Sekolah alam ini dibangun oleh Dik Doank pada tahun 1993. Sekolah alam ini berada di daerah Ciputat. Anak-anak dan orang tua bisa berwisata alam di tempat ini sekaligus memberikan edukasi yang penting bagi sang anak.

4. Tanah Tingal
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Lokasi Tanah Tingal ini juga berada di kawasan Ciputat. Tempat wisata alam di Jakarta terfavorit ini merupakan tempat wisata edukatif untuk anak-anak yang bertujuan mengajarkan anak untuk berinteraksi dengan alam. Banyak kegiatan edukasi kreatif yang bisa dilakukan di Tanah Tingal ini. Kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 10 hektar yang penuh dengan pepohonan. Pemandangan alam di tempat ini sangat sejuk dan indah karena banyaknya pepohonan dan danau buatan.

5. Taman Wisata Ragunan
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Ragunan merupakan sebuah kebun binatang yang amat terkenal di Jakarta. Di kebun binatang ini, ada beraneka ragam satwa langka yang dilindungi dan banyak pohon yang rindang. Kawasan ini selalu ramai ketika weekend. Jika anda ingin pergi ke wisata alam di Jakarta terfavorit, tempat ini pun bisa jadi pilihan yang bagus.

6. Setu Babakan
Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

Tempat wisata ini bukan hanya sebagai wisata alam dengan pemandangannya yang indah, tetapi juga cagar wisata budaya yang berada di Jakarta Selatan dekat dengan Depok. Tempat ini dipenuhi dengan budaya betawi, yang di dalamnya terdapat rumah adat betawi, bangunan peninggalan sejarah suku Betawi, dan masih banyak yang lainnya. Di tempat ini, Anda akan merasa seperti berada di Jakarta tempo dulu.

Baca juga Tempat Wisata Anak Terfavorit di Jakarta Saat Liburan

Demikian adalah beberapa tempat wisata alam di Jakarta terfavorit baik yang ada di Kepulauan Seribu maupun yang ada di dekat pusat kota. Libur mingguan yang tidak begitu panjang bisa dihabiskan dengan mengunjungi objek wisata yang telah disebutkan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner